Apple Developer ID

Apple Developer ID

 

OVERVIEW

  1. Buka link https://developer.apple.com/

  2. Setelah itu, maka Anda akan melihat tampilan halaman seperti berikut ini (lihat gambar). Untuk membuat akun Apple, klik “Account” yang terletak pada sebelah kanan halaman.

  3. Saat Anda sudah memiliki akun Apple, Anda bisa langsung memasukkan alamat e-mail beserta password dan klik “Sign In”.
    Namun jika Anda belum memiliki akun Apple, Anda dapat mengklik “Create Apple ID” untuk membuat akun yang baru.

  4. Klik “JOIN THE APPLE DEVELOPER PROGRAM
    Agar Anda dapat mempublikasikan sebuah aplikasi, maka Anda dapat langsung memilih “Join the Apple Developer Program” yang terletak pada bagian bawah halaman (lihat gambar).
    Dengan memilih pilihan ini, Anda dapat memperoleh pengarahan untuk mengembangkan, mendistribusikan, dan mengelola aplikasi mobile pada Application Store. Anda juga akan mendapatkan akses untuk beta software, advanced application capabilities, beta testing tools, dan application analytics.

  5. Klik “ENROLL
    Klik “Enroll” untuk segera melakukan pendaftaran pada aplikasi yang ingin dipublikasikan. Tombol “Enroll” terletak di sebelah kanan atas halaman (lihat  gambar).

  6. Klik “START YOUR ENROLLMENT
    Pada saat Anda sudah mengklik “Enroll”, kini saatnya untuk memulai pendaftaran. Sebelum itu, jika Anda hendak mendaftarkan diri sebagai organisasi, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • D-U-N-S Number

Nomor DUNS merupakan standar nomor yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu perusahaan yang sudah diakui secara internasional. Agar bisa mendapatkan nomor ini, Anda perlu mendaftar dan memberikan segala kelengkapan seperti akta perusahaan, SIUP, TDP, dan lain-lain. Untuk melakukan registrasi Nomor DUNS, Anda dapat mengakses guidance yang telah kami sediakan.

  • Legal Entity Status
    Organisasi Anda harus merupakan badan hukum resmi agar dapat menjalin kontrak dengan pihak Apple. 

  • Legal Binding Authority
    Anda harus memiliki kewenangan secara hukum untuk dapat mengikat organisasi Anda dengan perjanjian hukum. Anda harus merupakan founder atau owner, anggota dari tim eksekutif, senior project lead, atau memiliki kekuasaan hukum yang dilimpahkan oleh senior employee.

Klik tombol “Start Your Enrollment” yang sudah tersedia pada bagian bawah halaman.

 

  1. Memilih Tipe Akun
    Setelah itu, Anda dapat langsung memilih tipe dari akun Apple yang diinginkan. Apakah akun tersebut bersifat perorangan, perusahaan, atau pemerintahan. Perlu dicatat bahwa pada saat Anda memilih:

  1. Individual”, maka nama lengkap Anda yang akan ditampilkan di Application Store. Anda harus menggunakan nama tertera pada kartu kredit yang Anda miliki.

  2. Company”, maka Anda harus memiliki DUNS Number. Jika belum memiliki DUNS Number, maka Anda dapat mendaftar di https://developer.apple.com/enroll/duns-lookup.
    Untuk penjelasan lebih lanjut terkait pembuatan Nomor DUNS, silahkan akses DUNS Number Guidance yang telah kami sediakan.

 

8. Informasi Kontak

Terdapat beberapa hal yang harus Anda isi untuk melakukan pendaftaran akun Apple yang baru, yaitu legal name, phone, address line 1, address line 2 (optional), town/city, postal code, dan country (lihat gambar).

9. Syarat dan Ketentuan

Setelah selesai mengisi seluruh bagian yang diperlukan, Anda dapat langsung membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang dimiliki oleh Apple. Jika sudah memahami, berikan tanda centang (✓) pada checkbox yang sudah tersedia. Setelah itu, klik “Continue” untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

10. Periksa Informasi Kontak

Agar menghindari kesalahan informasi, maka Anda perlu memeriksa kembali sejumlah data yang telah Anda masukkan sebelumnya. Jika sudah benar, maka Anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya dengan menekan “Continue”.

 

 

11. Melengkapi Pembayaran

Untuk menyempurnakan pembayaran, Anda perlu mencatat Enrollment ID yang diberikan setelah Anda mengisi informasi kontak (lihat gambar). Enrollment ID berguna pada saat Anda ingin menghubungi pihak Apple di kemudian hari. Apple akan meminta Enrollment ID sebelum permintaan Anda proses. Setelah Anda selesai mencatat, klik “Purchase”.

12. Melengkapi Informasi Pembayaran

Pada tahap berikutnya, Anda diminta untuk memberikan sejumlah informasi yang berkaitan dengan pembayaran, seperti credit card type, number, cardholder’s name, dan sebagainya (lihat gambar).

13. Setelah pembayaran sudah diproses, Anda akan mendapatkan e-mail dari Apple Developer Program Support terkait cara mengaktifkan dan mengakses items Anda. Pada umumnya, hal ini memerlukan waktu hingga dua (2) hari kerja.

 

AKTIVASI AKUN APPLE

Pembuatan akun Apple telah selesai! Dalam jangka waktu 1-2 hari, Anda akan menerima e-mail dari Apple yang berguna untuk mengaktifkan akun Anda. Klik pada Activation Code Link yang sudah disediakan (lihat gambar).

Catatan:

  • Perlu diketahui bahwa jika Anda ingin mempublikasikan aplikasi ke Application Store (iOS), Anda perlu memiliki Apple Developer ID sendiri. Jika belum memiliki Apple Developer ID, Anda dapat langsung membuatnya mengikuti langkah-langkah yang telah disediakan dan membayar sebesar USD99 kepada Apple.

  • Anda dapat melakukan pembayaran dengan Visa, Mastercard, Discover, atau American Express.

  • Informasi pembayaran yang diberikan haruslah sesuai dengan informasi pendaftaran (enrollment information). Jika kedua data ini tidak sama, maka pendaftaran Anda akan tertunda dan mungkin Anda akan diminta untuk menyediakan salinan dari identitas yang dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah.