DUNS Number

Overview
Pada saat Anda ingin membuat sebuah akun apple developer untuk perusahaan Anda di Apple Developer Account, terdapat beberapa hal yang perlu untuk disiapkan, salah satunya adalah nomor DUNS. DUNS merupakan singkatan dari Data Universal Numbering System. Berupa 9 digit nomor unik, Nomor ini umumnya digunakan untuk mengidentifikasi bisnis yang berlaku secara universal.

Syarat dan Ketentuan

  • Membuat akun Apple Developer terlebih dahulu


Pengecekan DUNS Number

Untuk mengetahui apakah Perusahaan Anda sudah memiliki nomor DUNS atau belum, Anda dapat melakukan pengecekan dengan cara sebagai berikut: 

  1. Pertama silahkan klik disini https://developer.apple.com/enroll/duns-lookup/#!/search untuk mengecek DUNS Number Perusahaan Anda

  2. Setelah itu, Akan muncul tampilan berikut
     

  1. Anda dapat langsung mengisi field sesuai dengan informasi perusahaan, diantaranya: Negara, nama perusahaan, alamat, kota, provinsi, kode pos, nomor telepon, dan sebagainya (lihat gambar). Klik “Continue” untuk melanjutkan.

  2. Selanjutnya akan tampil apakah Anda sudah mempunyai DUNS Number atau belum. 

  1. Tampilan jika Anda sudah mempunyai DUNS Number

Anda bisa klik Continue, lalu sistem akan mengirimkan DUNS Number melalui email. 



Berikut adalah tampilan atau isi pesan dari e-mail yang dikirimkan oleh sistem. Pada e-mail ini, terdapat nomor DUNS dari perusahaan yang Anda miliki (lihat gambar)



  1. Tampilan jika Anda belum mempunyai DUNS Number

Jika Anda memasukkan data yang salah atau perusahaan Anda belum memiliki nomor DUNS, maka sistem secara otomatis akan menampilkan pemberitahuan berikut ini. 




Untuk mendapatkan nomor DUNS, Anda dapat melanjutkan tahap ini dengan menekan tombol “Submit”.


Setelah men-submit, sistem secara otomatis akan menampilkan pemberitahuan bahwa informasi yang telah Anda masukan sedang diproses dan konfirmasi akan diberikan secepatnya melalui e-mail dari Dun & Bradstreet


Berikut adalah tampilan atau isi pesan dari e-mail yang dikirimkan oleh sistem. Pada e-mail ini terdapat pemberitahuan bahwa data yang telah Anda masukan sebelumnya telah diterima oleh pihak Dun & Bradstreet dan pembuatan nomor DUNS membutuhkan waktu kurang lebih 14 hari kerja (seperti yang tertulis pada e-mail berikut).