GO-SEND

OVERVIEW

Fitur ini memungkinkan user bisa melakukan pemesanan barang dengan menggunakan layanan pengiriman gosend.

SYARAT DAN KETENTUAN

  • Melakukan Aktivasi Google Maps API Key. Untuk panduannya, silahkan klik disini. (Apabila sudah mendapatkan API Key, silahkan kirimkan ke Support Compro untuk diaktifkan)

  • Melakukan Top Up Saldo GO-SEND untuk menggunakan layanan pengiriman tersebut.

TAHAPAN PENGAKTIFAN FITUR

  1. Setting Pada Data Sender

  1. Setelah API Key diaktifkan oleh Compro Support, tahap selanjutnya Pemilik Aplikasi harus mengisi data pada Data Sender di CMS > Customize Delivery > GO-SEND

  1. Lengkapi mengenai informasi Alamat Asal Pengiriman dan Koordinat Map untuk menampilkan lokasi pengiriman barang. Pengisian informasi tersebut dilakukan sebelum menggunakan layanan GO-SEND.

Keterangan gambar: 

  • Balance GO-SEND: tampilan saldo gosend yang bisa digunakan pemilik aplikasi

  • Origin Name: Nama pengirim

  • Origin Phone: Nomor telepon pengirim

  • Display City: Nama Kota yang ditampilkan

  • Origin Address: Alamat pengirim

  • Map Latitude dan Map Longitude: bisa di isikan dengan koordinat Map pengiriman, Anda juga bisa langsung menggeser titik pada Map.  

  1. Top Up Saldo GO-SEND.
    Untuk menggunakan pengiriman dengan GO-SEND, pemilik aplikasi harus melakukan permintaan Top Up saldo GO-SEND. Biaya pengiriman yang berlaku dalam aplikasi akan dibebankan kepada pemilik aplikasi dengan mengurangi nominal saldo yang dimiliki.

  1. Masuk engine.compro.id > Customize Delivery > GO-SEND

  2. Pilih Top Up Balance

  3. Pilih total Credit GO-SEND yang diinginkan untuk di top up dan tekan tombol BUY


  4. Isikan data yang terdapat pada kolom Contact Information dan pilih Bank Transfer pada bagian Choose Payment Method > Klik Checkout


  5. Setelah menekan tombol Checkout, silahkan meng-upload bukti pembayaran.

  6. Pilih bank mana yang dituju sebagai penerima dana pada bagian Payment To.

  7. Silahkan upload bukti pembayarannya pada bagian Upload Payment Proof dengan menekan tombol Upload Photo. Jika sudah selesai, silahkan klik  I Have Completed Payment

  8. Jika sudah selesai, akan tampil halaman Payment Successful. Serta dapat melihat riwayat transaksi dengan menekan tombol See History.

  9. Jika sudah mendapat approval dari admin, maka saldo yang diminta tersebut akan ditambahkan otomatis kepada pemilik aplikasi dan dapat dilihat di menu Settings > Customize Delivery Charge Estimation> GO-SEND > Data Sender pada CMS


  1. Tahapan Penggunaan pada aplikasi

  1. Pilih Produk yang akan dibeli, lalu klik checkout


  2. Pada Delivery, Pilih GO-SEND

  1. Tentukan lokasi Anda sebagai lokasi pengantaran produk pada tombol Choose Destination.


Selanjutnya akan tampil jenis biaya pengiriman yang tersedia ke alamat tersebut.
*Note:
- Jika dipilih GO-SEND Instant, maka estimasi durasi pengiriman adalah 1-2 jam.
- Jika dipilih GO-SEND SameDay, maka estimasi durasi pengiriman adalah 6-8 jam.

  1. Setelah semua informasi pembayaran sudah di isikan, silahkan klik Checkout


  1. Tahap Pemesanan GO-SEND oleh pemilik Aplikasi

  1. Apabila pembeli sudah melakukan pembayaran, pembayaran tersebut harus dikonfirmasi terlebih dahulu oleh pemilik aplikasi. Pemilik Aplikasi harus merubah status transaksi dari pembeli tersebut dari Pending menjadi In Process dengan menekan tombol Update Status.
    * Perubahan status dapat diakses dari Engine>Shopping>Transaction List

  1. Setelah merubah status transaksi, pemilik aplikasi harus menekan tombol Menu Booking yang berada di halaman Transaction List di sebelah kanan. Hal ini dilakukan Pemilik Aplikasi untuk mencari kurir GO-SEND untuk mengambil barang pesanan pembeli.
    Tombol Make Booking akan muncul apabila Pemilik Aplikasi memiliki saldo GO-SEND. Jika tidak mencukupi atau kurang dari nominal biaya pengiriman ke lokasi pembeli, maka tombol tersebut tidak akan muncul.

  1. Kemudian akan ditampilkan detail dari biaya yang dikenakan. 

  • Pemilik Aplikasi akan dikenakan Processing Fee sebesar 1.5% dari biaya GO-SEND Delivery Fee. Sehingga akan mengurangi saldo Pemilik Aplikasi dengan nominal tersebut. 

  • Nominal Processing Fee dihitung dengan melakukan pembulatan ke atas.

  1. Jika seandainya sudah menekan tombol Make Booking namun belum mendapatkan kurir atau kurir membatalkan untuk mengambil barang, maka akan muncul tombol Retry Booking. Sehingga Pemilik Aplikasi harus menekan tombol tersebut dan menunggu untuk mendapatkan kurir yang baru.

  2. Pembeli dapat mengetahui status tracking terhadap barang yang dibeli dengan menekan tombol Track GO-SEND Status yang terdapat pada halaman Transaction Detail.

  1. Pada halaman yang sama, tekan tombol Live Tracking untuk melakukan tracking posisi kurir.