Push Notification

OVERVIEW
Fitur ini digunakan oleh pemilik aplikasi untuk mengirimkan informasi apapun dalam bentuk notifikasi. Notifikasi yang sudah dikirimkan tersebut akan diterima langsung ke handphone masing-masing pengguna aplikasi yang sudah mengunduh (download) dan memasang aplikasinya (install).

Terdapat beberapa variasi dalam mengirimkan notifikasi, yaitu:

  1. Berdasarkan Target Device, yang artinya notifikasi hanya ingin Anda tujukan untuk user yang menggunakan handphone dengan tipe Android atau iOS (Apple) saja.


  2. Berdasarkan Target Group, yang artinya notifikasi hanya ingin Anda tujukan untuk user yang berada dalam kategori tertentu. Dengan catatan, fitur User Group sudah diaktifkan terlebih dahulu agar dapat menggunakan variasi ini.


  3. Berdasarkan Tipe Pengiriman, yang artinya notifikasi yang ingin diberikan apakah ingin dikirimkan sekarang juga (Immediate) atau ingin dijadwalkan (Scheduled Notification) untuk diberikan otomatis ke user Anda.


    Untuk Scheduled Notification dapat memilih Select Date and Time. Kemudian tentukan tanggal dan waktu yang diinginkan. Maka selanjutnya notifikasi akan diterima user berdasarkan tanggal dan waktu yang sudah diatur sebelumnya.

  4. Berdasarkan user tertentu (Personal Push Notification), yang artinya Anda hanya ingin memberikan notifikasi ini pada user tertentu saja yang Anda inginkan.

  5. Secara Keseluruhan (All), yang artinya semua pengguna aplikasi Anda akan menerima notifikasi yang Anda kirimkan tanpa memperdulikan Target Device atau Target Group atau Tipe Pengiriman.


TAHAPAN MENGIRIMKAN GENERAL NOTIFICATION

  1. Login ke dalam engine dan akses menu Push Notification pada bagian App Management yang ada pada menu samping kiri.

  2. Klik tombol (+) seperti gambar dibawah ini untuk menambahkan notifikasi baru.

  3. Berikan judul notifikasi pada bagian Title dan isi notifikasi pada bagian Message.

  4. Ketika notifikasi nantinya sudah diterima oleh user, tentukan menu apa yang ingin Anda sampaikan kepada user. Dapat dipilih dari pilihan Target Menu.

  5. Tentukan juga variasi pengiriman notifikasi berdasarkan Target Device, Target Group dan Type.

  6. Jika Anda ingin menambahkan Action Button, dapat memilih Target Menu-nya terlebih dahulu, lalu berikan penamaan tombol pada bagian Action Button.
    Lalu tombol tersebut akan ditampilkan seperti gambar dibawah ini pada bagian Message.

  7. Tekan tombol Submit jika sudah selesai dan akan ditampilkan pemberitahuan seperti gambar dibawah ini.

  8. Hasil notifikasi yang dikirimkan dapat dilihat juga statusnya. Jika statusnya menunjukan Complete, maka notifikasi tersebut sudah berhasil dikirimkan dan diterima oleh user.

TAHAPAN MENGIRIMKAN PERSONAL NOTIFICATION

  1. Pengiriman notifikasi berdasarkan user tertentu yang artinya Anda hanya ingin memberikan notifikasi ini pada user tertentu saja yang Anda inginkan. Untuk menggunakan variasi ini terdapat ketentuan dan beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  • Hanya berlaku bagi aplikasi dengan tipe Advanced dan Profesional.

  • Melakukan request terlebih dahulu kepada Compro Support untuk diaktifkan.

  • Mengaktifkan fitur Login Enabled dan pastikan terdapat user yang sudah melakukan registrasi terhadap aplikasi Anda.

  • Agar dapat menggunakan variasi ini, akses menu User List. Kemudian pilih user mana yang ingin diberikan notifikasi dan pilih Personal Notification.

2. Klik tombol (+) seperti gambar dibawah ini untuk menambahkan notifikasi personal baru.

3.  Kemudian pastikan terdapat kalimat seperti tanda panah dibawah ini yang artinya Anda akan mengirimkan notifikasi bersifat personal (pribadi) terhadap user tersebut. Selanjutnya untuk pengisian notifikasi ini, langkah yang perlu dilakukan sama seperti menambahkan notifikasi secara general.

TAMPILAN DALAM APLIKASI

  1. Gambar dibawah ini menunjukkan notifikasi yang dikirimkan dari sistem telah diterima oleh user.
    image17

  2. Karena ketika pembuatan notifikasi ini target menu yang dipilih adalah Notification List, maka ketika di klik notifikasi tersebut akan diarahkan ke halaman yang memuat daftar notifikasi yang ada di dalam aplikasi.
    image18